Agustus 08, 2015

15 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Swasta dan Kantoran

Usaha sampingan untuk karywan swasta dan kantoran berikut ini adalah beberapa ide usaha yang bisa dijalankan sebagai sampingan oleh para karyawan. Usaha sampingan bagi karyawan bukanlah sesuatu yang dilarang oleh perusahaan karena usaha ini kita yang menjalankannya. Namun banyak sekali para karyawan yang belum memiliki usaha sampingan sendiri dengan berbagai alasan yang mengikuti seperti kendala modal, belum tahu usaha apa yang cocok dan lain sebagainya.

Dalam hal modal masih banyak yang beranggapan bahwa usaha selalu membutuhkan modal yang besar. Faktanya besar kecilnya modal sebenarnya tergantung dari jenis usaha apa yang kita pilih. Jika sesoorang telah memiliki niat yang kuat untuk memulai usaha maka modal bukanlah hal yang jadi masalah. Karena modal bisa pinjam ke bank atau saudara atau jika tidak ingin mengambil resiko bisa memulai dengan usaha-usaha kecil terlebih dahulu. Baru nanti kalau sudah ada keuntungan bisa mengambil jenis usaha dengan modal yang lebih besar.

Dalam usaha yang terpenting bukan berapa besar modal yang kita punya tapi seberapa besar kita mampu menganalisa bahwa usaha yang akan kita jalani ini menguntungkan dan potensial. Dan pada kesempatan ini kami akan berbagi beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan swasta dan kantoran yang bisa dijadikan pilihan.

Peluang usaha sampingan karyawan swasta kantoran image

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Swasta dan Kantoran dengan Modal Kecil


1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Token Listrik
Usaha yang satu ini bisa dimulai dengan modal kecil sekitar 1-3 juta rupiah anda sudah bisa memulai berjualan pulsa dan token listrik. Cara kerjanya juga tidak memberatkan serta mudah untuk dijalankan. Apalagi jika bisa sampai memiliki server sendiri omset ratusan juta bisa didapat dengan mudah.

2. Berjualan Nasi Bungkus untuk Sarapan
Untuk memulai usaha ini anda membutuhkan modal sekitar 4 atau 5 juta, 75% digunakan untuk membeli bahan-bahan sedangkan sisanya untuk trasnport. Anda bisa menjualnay didepan rumah anda saat pagi hari dan mempercayakannya pada istri anda untuk menjualnya. Keutungan dalam usaha ini juga sangat lumayan.

3. Menjadi Blogger
Menjadi blogger dan mulai membuat blog dengan tema yang anda suka merupakan salah satu cara untuk bisa mengahasilkan uang dengan mudah. Banyak sekali para remaja baik mahasiswa, bahkan para ibu rumah tangga yang mulai melakukan hal ini. Lantas dari mana dapat uangnya? Ketika membuat blog buatlah sebuah blog dengan tema yang memang banyak diminati contohnya saja seputar kesehatan, tekhnologi, fashion dan masih banyak lagi. Sehingga nanti ketika blog anda ramai pengunjung anda dapat menyediakan space iklan di blog anda tersebut.

4. Berjualan Foto di Internet
Bagi anda yang suka fotografi dan memiliki kamera, usaha ini layak untuk dicoba. Pasalnya untu memulai usaha ini hanya membutuhkan kamera atau bisa dibilang tanpa modal jika memang anda suka fotografi. Anda bisa menjual foto-foto anda di situs Istockphoto.com, ShutterStock.com, StockFresh.com dan Fotolia.com.

5. Berjualan dengan Toko Online
Toko online adalah solusi mudah bagi anda yang berjualan selama 24 jam. Jika anda memiliki prodak sendiri baik itu produk digital atau produk fisik toko online merupakan sarana promosi yang sangat efektif dan dapat menjangkau seluruh pelosok negeri. Namun jika anda tak memiliki barang anda bisa berjualan barang dengan sistem dropship, carilah penyedia dropship yang terpercaya.

6. Jasa Desain Grafis
Bagi anda yang punya keterampilan dalam bidang desain grafis atau bahkan bekerja sebagai desainer grafis. Tidak ada salahnya anda menjual karya-karya anda secara online seperti desain logo, kartu nama, baju, poster, maskot, interior dan booth. Situs-situs untuk berjualan karya grafis anda antara lain 99designs.com, Upwork.com, Elance.com, Projects.co.id, Sribu.com dan masih banyak lagi.

7. Jasa Pengetikan
Jasa pengetikan bisa jadi pilihan bagi anda yang bisa mengetik cepat dan tinggal dilokasi dekat sekolahan atau kampus. Anda bisa menarik harga sekitar Rp. 3000,- sampai Rp. 5000,- untuk setiap lembarnya tergantung dari jenis ketikan apakah Microsoft Word atau Microsoft Excel.

8. Jasa Penerjemahan
Memiliki keterampilan dalam bahasa asing seperti bahasa inggris, spanyol, jepang, china dan lain lain. Membuka jasa penerjemah bisa jadi usaha sampingan yang fleksibel dan dapat dikerjakan dimana saja. Anda bisa berburu job di situs-situs frelance seperti Sribu.com.

9. Jasa Les Privat
Punya keterampilan dalam bidang pendidikan entah itu matematika atau bahasa inggris dan yang lainnya. Anda bisa mencoba menjadi guru privat bagi siswa sekolah dasar atau siswa SMP. Usaha ini juga cukup menguntungkan terlebih lagi jika anda berhasil membuka tempat bimbingan belajar sendiri dengan memperkerjakan beberapa guru pengajar.

10. Menjadi Makelar Properti
Menjadi makelar properti bisa jadi pilihan usaha sampingan yang menawarkan penghasilan besar. Untuk memulai usaha ini jalin kerja sama dengan pemilik properti dan rundingkan juga masalah komisi anda setelah itu tawarkan kepada rekan-rekan anda. Untuk memulai usaha ini tidak membutuhkan modal besar namun kemampuan anda dalam menawarkan properti tersebut.

11. Membuka Jasa Laundry
Jasa laundry adalah salah satu usaha yang paling laris jika berlokasi di tempat dekat kampus atau perkantoran. Karena mahasiswa dan para karyawan adalah pangsa terbesar dari jasa ini. Untuk memulai jasa ini anda cukup menyiapkan uang sekitar 10 juta rupiah, uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli mesin cuci satu tabung ootomatis berikut alat pengeringnya, sisanya untuk biaya beli setrika, timbangan dan lain-lain serta untuk persiapan gaji karyawan dan sewa tempat usaha.

12. Membuka Jasa Cuci Kendaran Roda Dua (Motor)
Jasa cuci motor kian ramai dari hari ke hari dikarenakan semakin banyaknya peredaran sepeda motor dewasa ini selain itu menggunakan jasa cuci motor lebih hemat waktu dari pada mencuci sendiri. Usaha ini cukup menguntungkan dan tak memerlukan modal besar untuk memulainya. Yang perlu dipersiapkan adalah tempat serta membeli alat-alat cuci motor.

13. Jual beli motor bekas
Jual beli motor bekas menjadi salah satu usaha sampingan untuk karyawan yang cukup menguntungkan. Apalagi dewasa ini banyak sekali orang yang senang ganti-ganti kendaraan mereka. Untuk memulai usaha ini anda bisa memulainya sebagai makelar terlebih dahulu. Jika punya modal lebih bisa anda kembangkan dengan membuka dealer motor bekas.

14. Membuka Toko Kue
Punya istri yang hobi membuat kue, mengapa tak membuka toko kue saja. Anda bisa membuka toko kue kecil-kecilan dirumah anda. Untuk proses pembuatan kue anda bisa dibantu istri atau memperkejakan karyawa. Berjualan kue juga sangat menguntungkan, anda bisa membuat aneka jenis kue ringan dan berbagai macam jenis kue untuk keperluan pesta. Untuk kue ringan bisa juga dipasarkan dengan cara diititipkan ke warung-warung. Sedangkan untuk kue-kue khusus pesta anda bisa membuat katalog dan membagikannya.

15. Membuka Coffe Shop (Warung Kopi plus hotspot)
Coffe shop tempat berkumpulnya anak muda untuk bercengkrama dengan sahabat-sahabatnya. Usaha ini memerlukan modal yang tidak sedikit namun berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa menawarkan berbagai jenis kopi beserta makanan ringan seperti kentang goreng dan lain-lain. Lengkapi juga dengan akses internet sehingga semakin banyak yang tertarik dengan usaha anda.

Modal bukanlah salah satu penghalang bagi anda untuk terjun keduian bisnis. Pilihlah dari 15 ide usaha sampingan untuk karyawan swasta dan kantoran tersebut mana yang cocok bagi anda. Selanjutnya buat rancangan kerja sehingga waktu untuk menjalankan usaha sampingan tidak mengganggu profesi anda sebagai karyawan.

Sumber gambar : www.chocojuegos.com

15 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Swasta dan Kantoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nabilah Bilqis