Agustus 12, 2015

Sejuta Ide Usaha Sampingan Bidang Peternakan yang Menjanjikan

Sejuta ide usaha sampingan bidang peternakan yang menjanjikan, kenapa menjanjikan? Indonesia merupakan sebuah negara yang dikarunia dengan kekayaan alam yang berlimpah baik hewani dengan aneka jenis hewan dan hayati dengan aneka jenis tumbuhan yang semuanya dapat tumbuh subur karena kondisi tanah yang sangat bagus. Sehingga wilayah Indonesia merupakan wilayah yang sangat baik untuk usaha pertanian maupun untuk berternak hewan. Ada beragam hewan yang bisa kita coba ternak yang mampu menghasilkan keuntungan yang sangat lumayan, mulai dari yang dikonsumsi dagingnya, susunya, telurnya dan lain-lain.

Jika kita mau melihat lagi sekarang ini bagaimana kebutuhan akan daging sapi didalam negeri masih bisa terpenuhi dengan baik yang mengakibatkan harga daging tersebut melambung tinggi, bukankah ini sebuah peluang usaha? Kita lihat bagaimana harga telur juga kian melambung, telur merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung protein tinggi dan sangat dibutuhkan, bukankah ini juga sebuah peluang usaha? Ada banyak sekali sebenarnya peluang-peluang usaha yang tak kita sadari atau lebih tepatnya tak terpikirkan oleh kita. Kita terlalu mengharapkan usaha-usaha yang membawa keutungan besar sehingga lupa bahwa yang terlihat sepele bahkan bisa membawa keutungan yang lebih besar.

Berbicara tentang usaha yang paling penting bukan seberapa besar keutungan yang akan kita dapat nanti tapi seberapa besar segmen pasar dan permintaan pasar terhadap produk yang akan kita jual atau produksi. Meski menguntungkan jika ternyata tak ada segmen pasar yang menjanjikan, usaha kita tak akan bertahan lama sebaliknya meski keutungannya kecil jika permintaan pasar besar bisa jadi akan membawa keutungan yang sangat besar bagi anda.

Dan usaha sampingan bidang peternakan ini juga sangat menjanjikan untuk digeluti. Selanjutnya tinggal melakukan analisa pada lingkungan sekitar, usaha ternak jenis apa yang paling menguntungkan yang dapat dicoba. Nah sebagai inspirasi untuk anda blog Usaha Sampingan 24 akan mengulas usaha apa saja yang bisa anda coba dan menguntungkan untuk dijalankan.

Ide usaha sampingan bidang peternakan menjanjikan image

Ide Peluang Usaha Sampingan Bidang Peternakan yang Potensial

Berikut ini beberapa ide peluang bisnis bidang peternakan yang potensial sebagai inspirasi anda :

#1 Berternak Sapi Pedaging / Sapi Potong

Daging sapi merupakan salah satu jenis kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi dengan baik, bahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging sapi pemerintah harus mengimpornya dari luar negeri. Oleh karenanya berternak sapi pedaging bisa jadi pilihan usaha yang menguntungkan untuk dijadikan usaha sampingan. Namun untuk memulai usaha ini memerlukan modal yang tak sedikit anda harus menyiapkan tempat dan membuat kandang, membeli beberapa ekor sapi, menyiapkan lahan untuk ditanami rumput, dan memperkerjakan karyawan untuk mengurus semua sapi-sapi anda.

#2 Berternak Ayam Potong / Ayam Petelur

Berternak ayam potong atau ayam petelu bisa jadi jenis usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Bagaimana tidak ayam potong pada umunya sudah bisa dipanen ketika berumur 40-50 hari, sedangkan utuk ayam petelur setiap hari pasti bertelur jika sudah mencapai masa bertelur. Untuk memulai usaha ini memerlukan modal awal yang cukup banyak yakni untuk menyewa tempat dan membuat kandang.

Usahakan untuk membuat kandang jauh dari lingkungan masyarakat karena jika anda kurang menjaga kebersihan bisa menimbulkan bau. Tetapi ada tips bagaimana mengatasi masalah ini sehingga bisa diternak didekat rumah, rahasianya ada pada kandang. Buatlah kandang diruangan tertutup seperti gudang misalnya, namun siapkan ventilasi khusus untuk pergantian udara. Taruhlah pemanas ruangan dalam ruangan tersebut dan jaga suhunya sekitar 38-42 derajat celsius. Dengan suhu tersebut ayam akan merasa nyaman sehingga bisa tidak menimbulkan bau. Selain itu jaga kebersihan kandang ayam dan kondisikan agar kotoran ayam tidak basah, karena inilah yang membuat kandang ayam bau.

#3 Berternak Bebek / Itik

Jika dibandingkan dengan ayam, bebek memiliki masa yang lebih lama akan tetapi yang biasa dibutuhkan restoran ialah bebek muda yang biasanya berusia 1,5-2 bulan. Restoran membutuhkan bebek muda karena daging bebek muda lebih empuk dan lezat. Restoran merupakan pasar terbesar dari usaha ternak bebek ini. Selain itu selain diambil dagingnya bebek juga biasa diambil telurnya, bebek ketika mencapai masa bertelur maka akan bertelur setiap hari asalkan pasokan makanannya tercukupi.

#4 Berternak Burung Puyuh

Usaha burung puyuh yang diambil ialah telurnya, namun ketika mencapai masa tua biasanya juga dimanfaatkan dagingnya untuk dijual ke restoran yang menggunakan menu daging burung puyuh. Dalam perawatannya burung puyuh sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah, karena kita harus benar-benar menjaga suhu kandang burung puyuh tersebut. Jika suhunya kurang memadai maka tingkat kematian burung puyuh bisa sangat tinggi. Selain itu kebersihan kandang merupakan prioritas utama usaha sampingan burung puyuh ini.

#5 Berternak Kambing

Kambing merupakan salah satu jenis hewan yang biasanya dipakai dalam acara-acara hajatan seperti pernikahan, khitanan, aqiqah, qurban dan lain sebagainya. Sehingga kambing merupakan salah satu jenis daging yang sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan modal sekitar 3-5 jutaan anda sudah bisa memulai usaha ini.

Selain kambing pedaging ada juga kambing etawa, yakni kambing yang diambil susunya. Susu kambing etawa memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. Dan untuk setiap botolnya bisa mencapai Rp 25.000 - Rp 30.000 perliter.

#6 Berternak Kelinci

Ada 2 jenis kelinci yang bisa anda ternak yang pertama kelinci pedaging atau yang kebanyakan berwarna putih dan yang kedua kelinci hias yang mempunyai bermacam-macam jenisnya. Memilih kelinci hias atau pedaging sama-sama menguntungkannya dan untuk biaya perawatannya sebenarnya sama saja.

Kelinci hias memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kelinci pedaging. Akan tetapi kelinci pedaging lebih unggul dalam pemasarannya karena selain mudah juga banyak yang mau menampung, contohnya seperti restoran yang menawarkan aneka menu kelinci.

#7 Berternak Kucing Persia

Kucing merupakan hewan yang lucu dan salah satu jenis hewan yang disayangi Rasulullah SAW. Bagi anda yang suka dengan kucing tak ada salahnya anda memanfaatkan hobi tersebut sebagai ladang bisnis. Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing hias yang cukup mahal harga jualnya dan juga banyak pencarinya. Sehingga menjadikannya sebuah usaha sampingan adalah pilihan yang cukup bagus.

#8 Berternak Ikan Lele

Ternak ikan yang paling mudah ialah ternak ikan lele karena dapat hidup di air keruh dan perawatannya juga cukup mudah tak ada yang istimewa cukup diberi pakan sesuai jadwal. Ikan lele memiliki nama yang berbeda dibarbagai wilayah ditanah air namun mereka akan tahu jika disebut ikan lele. Ikan ini biasanya menjadi menu utama restoran atau warteg.

#9 Berternak Ikan Hias

Usaha ternak ikan lain yang cukup menjanjikan ialah ikan hias. Akan tetapi ikan hias ini memerlukan perawatan yang lebih ekstra tergantung dari jenis ikan hias tersebut. Ikan hias yang memiliki harga jual tinggi seperti ikan neon tetra, ikan angel, ikan guppy, ikan cupang crowntail, ikan mas koki, ikan discus, ikan oscar, ikan koi, ikan lou han, ikan arwana dan masih banyak lagi jenis ikan yang lain.

#10 Berternak Burung

Berternak burung bisa jadi pilihan usaha sampingan bagi mereka yang suka akan burung. Aneka burung hias yang banyak dicari antara lain ialah kenari, lovebird, cucak rowo, kacer, ciblek, branjangan dan masih banyak lagi yang lainnya. Burung tersebut akan melonjak naik harganya apabila memiliki sertifikat menag juara lomba, oleh karenanya jika anda berternak burung cobalah untuk sering-sering mengikuti event-event perlombaan burung.

Bagaimana dari sejuta ide usaha sampingan bidang peternakan yang menjanjikan diatas apakah ada yang membuat anda tertarik, jika belum lihat juga usaha sampingan pertanian yang merupakan jenis usaha yang serupa dengan bidang peternakan ini. Atau anda bisa membaca aneka jenis usaha sampingan menguntungkan di blog ini salah satunya usaha sampingan bisnis online yang dapat dikerjakan dengan fleksibel tanpa membedakan jenis profesi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Sejuta Ide Usaha Sampingan Bidang Peternakan yang Menjanjikan
4/ 5
Oleh