Agustus 12, 2015

Sejuta Ide Usaha Sampingan Bidang Pertanian Untung Besar

Sejuta ide usaha sampingan bidang pertanian untung besar yang akan kami ulas ini merupakan aneka peluang usaha sampingan di bidang pertanian yang memiliki potensi keutungan yang besar dan bisa dijalankan di rumah. Berbicara pertanian pasti tak asing lagi ditelinga kita karena memang jenis usaha yang satu ini sudah umum di masyarakat Indonesia yang notabenenya didominasi oleh petani. Dalam bertani ada bermacam-macam jenis tanaman yang bisa kita tanam namun tak semuanya mampu menghasilkan keutungan yang besar, akan tetapi hanya beberapa jenis tanaman saja yang memiliki harga yang tinggi.

Harga dari tanaman tak hanya ditentukan dari jenis saja namun juga dari permintaan pasar, semakin tinggi permintaan pasar semakin tinggi juga harga-harga produk pertanian yang kita hasilkan. Namun untuk hal seperti ini sangat susah untuk ditebak dan tak jarang banyak yang merugi. Oleh karenanya sebagai pengusaha yang mencoba menjalankan jenis usaha dalam bidang tani ini ada baiknya mengetahui jenis-jenis tanaman yang memiliki harga jual tinggi dan juga bisa tumbuh didaerah tempat anda tinggal.

Usaha dalam bidang pertanian ini merupakan jenis usaha yang sebenarnya sangat cocok untuk negara kita tercinta ini. Karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan daerah dengan tanah yang sangat subur. Bahkan ketika orang arab saudi berkunjung ke Indonesia sangat kaget melihat bagaimana kesuburan tanah di Indonesia ini.

Usaha dalam bidang pertanian juga tak selamanya bermodal besar namun juga dapat dijalankan dengan modal yang kecil tergantung dari jenis tanaman apa yang akan kita tanam. Akan tetapi kalau berbicara masalah usaha dalam bidang pertanian ini tak selamanya hanya seputar tanam-menanam saja namun banyak sekali jenis usaha yang masih berhubungan dengan pertanian dan menguntungkan.

Ide usaha sampingan bidang pertanian menguntungkan image

Contoh Peluang Bisnis Sampingan Bidang Pertanian Menjanjikan

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha sampingan bidang pertanian yang bisa anda coba jalankan sebagai penghasilan tambahan anda :

#1 Membuka Toko Obat dan Alat Pertanian

Usaha dalam bidang pertanian tak hanya seputar tanam-menanam saja, salah satunya ya berjualan obat dan alat tani ini. Toko pertanian sangat dibutuhkan oleh petani, karena ditoko inilah mereka berbelanja aneka keperluan untuk bertani mereka mulai bibit, obat-obatan, pupuk, dan alat-alat tani. Sehingga membuka toko obat dan alat pertanian bisa menjadi salah satu ide usaha sampingan bidang pertanian yang menguntungkan. Selama bekerja anda bisa mempercayakan toko tersebut pada istri atau memperkerjakan karyawan.

#2 Menanam Rempah-rempah

Dari sejak dahulu kala Indonesia memang sangat terkenal dengan rempah-rempahnya. Bahkan karena alasan rempah-rempah Indonesia dijajah oleh negara lain. Tanah Indonesia memang sangat bagus untuk ditanami beraneka jenis rempah-rempah. Rempah-rempah ini selain digunakan sebagai bumbu dapur juga digunakan untuk aneka obat herbal. Contoh rempah-rempah yang memiliki harga jual tinggi adalah jahe merah.

Menanam jahe merah bisa jadi pilihan usaha yang cukup menggiurkan, pasalnya menanam tanaman ini tak membutuhkan lahan yang terlalu luas bahkan dipekarangan rumah pun bisa. Kita dapat menanamnya di dalam polybag. Harga jual jahe merah cukup tinggi sehingga cukup potensial untuk dikerjakan.

#3 Berbisnis Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan salah satu ide usaha sampingan bagi anda yang suka dengan berkebun terutama bunga. Lumayan bukan jika hobi tersebut bisa menghasilkan uang. Anda bisa memulai dengan menanam aneka jenis tanaman hias dipekarangan anda. untuk pemasaran anda bisa memasarkannya ke sekolah-sekolah, kantor-kantor, instansi-instansi dan lain-lain yang membutuhkan tanaman hias ini. Selain itu buatlah toko bunga agar masyarakat dapat mengenal usaha anda. Untuk memperoleh keutungan yang cepat perbanyaklah menanam jenis tanaman hias yang paling diminati masyarakat.

#4 Menanam Sayuran Organik

Sayuran oraganik bisa jadi alternatif jenis usaha yang menguntungkan dan menyehatkan. Saat ini mulai sulit mencari sayuran-sayuran organik karena semua telah mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Sehingga menanam sayuran organik bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan untuk dijalani. Aneka sayuran organik yang bisa ditanaman ialah wortel, seledri, tomat, sawi, jagung manis, terong, mentimun dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi sebelumnya anda perlu belajar bagaimana cara menanam tanaman organik yang benar agar bisa menghasilkan keutungan yang maksimal.

#5 Menanam Buah Organik

Sama dengan sayuran, buah juga merupakan salah satu makanan dengan sumber gizi yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Buah organik tentu akan lebih menyehatkan dibandingkan dengan buah-buahan yang ditanam dengan menggunakan bahan-bahan kimia dalam perawatannya. Aneka buah yang bisa ditanam secara organik antara lain ialah melon, semangka, anggur, apel, kelengkeng dan aneka jenis tanaman lain. Untuk mendapatkan hasil dengan cepat cobalah untuk mencari tanaman yang dikembang biakkan dengan cara stek sehingga meski kecil akan langsung berbuah dan ini cukup menguntungkan karena tak perlu menunggu lama.

Usaha dalam bidang pertanian tentu memiliki potensi yang sangat bagus di bumi kita nusantara ini. Oleh karenanya anda harus pintar-pintar dalam melakukan analisa jenis-jenis usaha apa yang kiranya menguntungkan didaerah anda tinggal, karena setiap tempat memiliki potensi yang berbeda. Demikianlah sedikit ulasan singkat kami seputar sejuta ide usaha sampingan bidang pertanian untung besar, semoga dari ide-ide usaha ini bisa menjadi inspirasi untuk anda. Bagi anda yang tertarik dengan jenis-jenis usaha yang fleksibel anda bisa mencoba berbisnis online silahkan simak selengkapnya baca disini.

Related Posts

Sejuta Ide Usaha Sampingan Bidang Pertanian Untung Besar
4/ 5
Oleh